Pages

Kata Sambutan

Hajimemashite!! Ore wa Leon.. Tapi di sekolah maupun dunia maya, banyak memanggil saya dengan "yon".. Makanya saya modif sedikit jadi "Lyon".

Kalau mau Comment jangan malu-malu ya..

Enjoy!!

Thursday, February 26, 2015

Mengatasi Browser di Windows 8.1 yang Tidak Bisa Browsing [Solusi TOP]

Jadi waktu itu saya pernah posting Mengatasi Masalah. Saya pikir sudah selesai semua, ternyata tidak.

Efeknya hanya bertahan beberapa jam saja, setelah itu nda bisa terus. Saya coba install Windows 7 mau. Balik lagi ke Windows 8.1 tidak mau. Install Windows 10 Preview pula tidak mau. Jadi di sini saya jabarkan lagi masalahnya ya:
  1. Sudah 3 bulan saya menggunakan laptop saya, dan semuanya berjalan dengan normal hingga hari Minggu, 22 Februari 2015. Senin pagi muncullah masalahnya.
  2. Di dunia maya, banyak juga yang mengalami kasus serupa (walau ada yang sembuh dengan cara yang sudah dijabarkan, ada yang tetap membandel).
  3. Sudah direset / restore / install ulang, masalah tetap ada.

Lalu solusi-solusi yang sudah saya coba adalah:

  • Check Automatically detect settings atau uncheck semuanya di LAN Settings
  • Troubleshoot network (hasilnya couldn't identify the problem)
  • Ketik netsh winsock reset di Command Prompt (Admin)
  • Ketik ipconfig /flushdns, /release, /renew di Command Prompt (Admin)
  • Disable / enable Wireless Adapter di Device Manager
  • Uncheck Allow the computer to turn off this device to save power di Wireless driver
  • Masukin DNS Google
  • Bikin akun baru
dan hasilnya nihil semua.

Saya coba kontak teman saya yang juga menggunakan Windows 8.1 yang bernama Dayat Herdiawan. Bla bla bla, tiba-tiba dia nyinggung kalau salahnya mungkin di drivernya. Aku sempat bilang nda mungkin, jadi akhirnya percakapan pun berakhir. Tiba-tiba saya pengen aja gitu nyambungin ini laptop dengan kabel LAN. Alhasil bisa terus selama beberapa saat. Dipikir-pikir lagi rasanya ada benarnya kata Dayat.
Hal unik lainnya adalah di tengah-tengah gangguan tersebut, WhatsApp Web ternyata bisa diakses


Jadi saya coba browsing internet mencari driver-driver wireless lain yang memungkinkan untuk diinstal ke laptop saya. Ketemulah yang paling top katanya Ralink. Sudah dapat, rencananya mau langsung uninstall driver yang ada (Qualcomm Atheros). Lalu tiba-tiba kepikiran untuk men-troubleshoot wireless adapternya. Langsung sembuh total bro!! Hahahaha, akhirnya saya menang melawan masalah ini.

Berikut caranya ya saya jabarkan buat yang belum tahu:

  1. Di bawah kanan, tekan yang gambar bendera. Muncullah tampilan seperti SS di atas, klik Open Action Center (SS saya seperti itu karena ada driver yang belum lengkap)
  2. Pilih Troubleshooting > Network and Internet > Network Adapter
  3. Pilih Next, tunggu hingga proses selesai.

***UPDATE 3 MARET 2015***
"Ternyata beberapa hari setelah saya menerapkan cara di atas, tiba-tiba browser saya tidak mau browsing lagi. Kemudian saya coba ganti-ganti driver lain selain Qualcomm Atheros, tapi Wirelessnya malah tidak berfungsi. Dari CD Driver yang disediakan, saya coba install yang Ralink, tapi yang terinstall tetap Qualcomm Atheros. Akhirnya saya coba installkan Wireless Driver yang punya Windows 7, dan puji Tuhan aman lancar hingga hari ini :D "


Terima kasih buat Tuhan, para penghuni dunia maya, Dayat Herdiawan dan seseorang yang sempat menghiburku (hayo siapa :v). Semoga bermanfaat bagi kalian yang juga mengalami hal yang sama ^^

1 comment:

Jika anda merasa post ini berguna, silahkan komen apa saja selama itu positive ^^
Kalau anda merasa post ini terdapat kekurangan, silahkan masukkan saran dan kritik ^^