Pages

Kata Sambutan

Hajimemashite!! Ore wa Leon.. Tapi di sekolah maupun dunia maya, banyak memanggil saya dengan "yon".. Makanya saya modif sedikit jadi "Lyon".

Kalau mau Comment jangan malu-malu ya..

Enjoy!!

Tuesday, February 24, 2015

Mengatasi Browser di Windows 8.1 yang Tidak Bisa Browsing

Baiklah, sebelum membahasnya saya akan bercerita tentang pengalaman saya dulu.

Pagi-pagi, saat bermain Digimon Masters Online di laptop, tiba-tiba saya membuka Google Chrome (entah apa alasannya, lupa). Website apapun yang saya buka kecuali WhatsApp Web menunjukkan hasil This webpage is not available dengan code DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN.
Error code: DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN


Lebih anehnya lagi, saya masih bisa bermain DMO saat itu. Coba tes menggunakan Internet Explorer, hasil sama. Saya bingung toh, komputer dan smartphone saya masih bisa mengakses website apapun tanpa gangguan apapun. Berselancarlah saya di dunia maya. Solusi macam-macam seperti masukkan DNS Google, reset DNSClient di services.msc, Disable drivernya baru enable lagi, semua gagal. Pasrah, saya coba restart laptop saya. Ternyata bisa internetan lagi di Google Chrome. Oh senang saya. Tapi itu tidak bertahan lama. Setelah beberapa saat, muncul lagi This webpage is not available dengan code yang sama. Sama seperti tadi, saya masih bisa bermain DMO. Saya restart berkali-kali, hasilnya tetap sama. Bisa browsing, beberapa saat kemudian tidak bisa.

"Apakah saya punya tetangga yang merupakan hacker professional?"

Akhirnya saya mengambil suatu tindakan klasik, yaitu: Install Ulang. Tapi gundahlah hati saya. Betapa tidak? Laptop yang baru diinstall ulang ternyata tetap tidak bisa browsing dengan browsernya. Tapi, Digimon Masters Online bisa.

Tiba-tiba ingat ada laptop lama yang sudah lama menganggur. Untung belum dijual hahaha. Ternyata bisa browsingan untuk waktu yang lama. Jadi saya mulai mempersempit masalah ini, yaitu: Windows 8.1 tidak bisa browsing menggunakan browser (Karena komputer dan laptop lama saya menggunakan Windows 7, smartphone menggunakan Android).

Akhirnya saya menemukan blog Technology Spectacle, yang caranya saya ikuti, berhasil. Jadi di postingan kali ini, saya hanya akan mentranslate dari blog tersebut, dengan beberapa pengecualian. Saya masih tidak mengerti kenapa masalah ini bisa terjadi, jadi langsung saja ya.

  1. Klik kanan di Start Button atau Win+X > Command Prompt (Admin)
  2. Ketik: netsh winsock reset catalog
  3. Kemudian ketik lagi: netsh int ip reset reset.log hit
  4. Lakukan restart
Catatan: Terkadang anda harus re-install browser anda.

Bagi yang tidak bisa, lanjut ke postingan ini.

Sekian postingan untuk kali ini, semoga bermanfaat ^_^

6 comments:

  1. Replies
    1. Bisa dicoba solusi dari postingan ini :)
      http://gogo-greatlyon.blogspot.com/2015/02/mengatasi-browser-di-windows-81-yang_26.html

      Delete
  2. Mantap bro
    Lanjutkan trusss
    Membantu sekali😘

    ReplyDelete
  3. Mantap bro
    Lanjutkan trusss
    Membantu sekali😘

    ReplyDelete

Jika anda merasa post ini berguna, silahkan komen apa saja selama itu positive ^^
Kalau anda merasa post ini terdapat kekurangan, silahkan masukkan saran dan kritik ^^